BEASISWA UNGGULAN TAHUN 2021

0

Puslapdik– Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan Tahun 2021. Beasiswa untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral  mulai menerima pendaftaran pada tanggal 1 Juli sampai dengan 15 Agustus 2021. 

Ada empat jenis beasiswa dari beasiswa unggulan ni, yaitu:

Beasiswa bagi masyarakat berprestasi.

Beasiswa ini ditujukan bagi siapapun masyarakat Indonesia yang mempunyai prestasi di bidang akademik atau nonakademik, baik di tingkat internasional dan/atau nasional. Beasiswa juga diberikan bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai aktivitas yang berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang.

Beasiswa bagi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Beasiswa ini diberikan kepada semua aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi Pusat dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah yang diusulkan oleh diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja.

Beasiswa bagi penyandang disabilitas

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, atau disabilitas sensorik.

Beasiswa penghargaan

Beasiswa ini diberikan kepada anak kandung dari orang tua yang gugur dalam menjalankan tugas atau pengabdian pada negara. Calon penerima beasiswa ini diusulkan oleh pejabat setingkat kepala staf tentara nasional Indonesia.

 

Namun, Di tahun 2021 beasiswa ini hanya ditunjukan untuk perguruan tinggi dalam negeri. Untuk perguruan tinggi dalam negeri itu sendiri harus memiliki minimal akreditasi B. Peluang beasiswa ini untuk mahasiswa semester 1 sampai dengan semester 3 saja dan harus berstatus mahasiswa aktif, bisa diikuti untuk yang jenjang sarjana, magister, atau doktoral.

Dalam mendaftar ada persyaratan yang harus dijalanin yaitu, untuk jenjang sarjana diminta untuk menulis essai dengan topik “Aku generasi unggul kebanggan bangsa Indonesia”. kemudian, untuk jenjang magister,doktoral, dan penyandang disabilitas diminta untuk menulis tentang aktivitas atau kegiatan apa saja yang sudah dilakukan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia.

Bagi yang berminat untuk mengikuti beasiswa ini dan  penasaran dengan  persyaratan lainnya, silakan klik di sini.