BAKTI SOSIAL (Sipil Menyapa)

0

Telah dilaksanakan salah satu program kerja HMTS. kali ini program kerja bakti sosial kembali berjalan dengan nama Bakti Sosial Sipil Menyapa. Kegiatan ini merupakan rangkaian bakti sosial ke-2 yang telah diselenggarakan. Meski dalam keadaan yang sedang pandemi tetapi HMTS tetap harus menyapa kepada masyarakat sekitar.

Tujuan kami kali ini adalah sebuah sekolah dasar yang berada di sekitaran Fakultas Teknik Unsoed tepat nya di MI Maarif NU wirasaba pada tanggal 11 september 2021. Baksos yang akan seru-seruan bersama anak-anak SD ini diharapkan dapat membawa kegembiraan pada anak-anak, guru, serta para wali murid yang datang dan juga menjadi penyambung silaturrahmi yang baik kepada masyarakat. 

Kegiatan dimulai pagi hari yang hanya melibatkan anak-anak dari kelas 1 sd saja karena belum memungkinkan untuk menghadirkan semua murid dari SD tersebut dan tidak lupa dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, dan membawa hand sanitizer. Seluruh panitia bersemangat untuk melakukan kegiatan bakti sosial ini ditambah lagi antusias dari para guru dan murid yang baik menambah keseruan acara.

Panitia yang hadir terbagi menjadi 2, yaitu panitia offline dan online. bagi yang offline aalah panitia yang memang sedang berada di daerah Purbalingga dan Purwokerto sedangkan bagi yang online adalah panitia yang belum bisa hadir di tempat dikarenakan berada di kota asal nya masing-masing.

Namun, meskipun terpisah seperti itu, kita tetap mengikuti kegiatan dengan tertib. Pada saat acara berlangsung, ditayangkan tampilan Google Meet untuk para panitia online agar tetap bisa berinteraksi dengan anak-anak dan dimoderatori oleh mba Intan yang sekaligus menjadi penghubung antara panitia offline dan online agar kegiatan berlangsung lancar.

Acara dibuka oleh moderator dengan perkenalan dan menyapa anak-anak dengan ramah. Sambutan serta salam pun tak lupa diberikan oleh ketua himpunan HMTS dan kepala sekolah SD MI Maarif NU wirasaba. Kemudian dilanjut dengan penyampaian materi oleh moderator melalui pemaparan pada proyektor tentang manajemen diri diikuti dengan tanya jawab tentang materi tersebut.

setelah materi disampaikan kami pun sharing-sharing tentang pengalaman saat pembelajaran secara online. lalu, acara yang ditunggu-tunggu anak-anak yaitu bermain game. pertama, dibacakan tentang peraturan permainan, anak-anak  diminta untuk maju ke depan kelas bagi yang ingin menjawab pertanyaan. bagi yang memenangkan games akan diberikan hadiah berupa doorprize menarik.

Dipenghujung acara, ditutup dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, murid, serta para orang tua yang hadir. tidak lupa kami melakukan dokumentasi sebagai kenang-kenangan yang manis. semoga dengan adanya kegiatan sipil menyapa ini dapat lebih memperkenalkan Teknis Sipil Unsoed ke masyarakat dan juga menambah kedekatan antara mahasiswa dan warga sekitar…