STUDI BANDING (HMTS UNSOED X HMS-FT UB)

0

Di dunia perkuliahan memang sedang gencar-gencar kita sebagai mahasiswa/i mempelajari ilmu baik di kampus maupun di lingkungan sekitar bahkan dari kerabat-kerabat pun terkadang kita dapat ilmu dalam obrolan yang ringan sambil canda tawa. Selain ilmu, memperluas relasi juga sangat penting bagi kita para mahasiswa untuk menambah teman sekaligus berbagi pengalaman.

Hal tersebut kami terapkan dalam salah satu program kerja divisi Humas HMTS Unsoed. Studi Banding yang dilakukan HMTS UNSOED kali ini menggandeng HMS-FT UB untuk dikunjungi. Kegiatan ini terlaksana pada tanggal 19 September 2021. 

Studi Banding ini mengajak pula BSO yang ada di HMTS Unsoed untuk ikut berpasatisipasi mengikuti forum, karena ada divisi dari HMS-FT UB yang bersangkutan dengan bentuk dan program kerja yang dilaksanakan BSO kami tersebut.

Tujuannya untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang dapat kita ambil dari HMS-FT UB sehingga dapat kita terapkan pada setiap program kerja HMTS agar lebih baik lagi dikedepannya.

Di room utama kegiatan diawali dengan pembukaan berupa sambutan dari kedua ketua himpunan sebagai bentuk salam selamat datang kepada para pengurus HMS-FT UB. Setelah sambutan selesai sesi, selanjutnya yaitu kedua himpunan memaparkan terkait profil himpunan sekaligus perkenalan satu sama lain secara bergantian.

Setelah usai perkenalan, inilah saatnya sesi yang dinantikan yaitu setiap peserta memasuki break out room yang telah dipersiapkan oleh panitia. Berikut adalah pembagian breakout roomnya:

  • BPH X BPH
  • EKSTERNAL X HUMAS
  • INTERNAL DAN PSDM X KPO
  • AKADEMIS DAN AMERA X PPA, LRTS, DAN A2TS
  • INFOKASI X INFOKOM
  • MIKAT X MB
  • KWU X KU

Tujuan dikelompokannya setiap divisi agar lebih fokus dalam memaparkan informasi tentang divisi masing-masing. Di dalam room kami saling membagikan informasi untuk menjadi referensi agar menambah pengetahuan dari divisi terkait. dan sebagai media untuk menambah relasi.

Setiap room diketuai oleh kepala divisi terkait dari HMTS Unsoed. Dilanjut dengan sesi tanya jawab  sehingga dapat lebih menggali lebih dalam mengenai profil divisi, program kerja, dan hal-hal lain dari himpunan terkait. Tidak lupa disertai dengan saling memberikan kritik dan saran yang dapat membangun semangat bagi tiap divisi.

Setelah sesi breakout room selesai, setiap peserta diajak untuk kembali ke room utama untuk kelanjutan kegiatan studi banding ini. Sehabis saling bertukar pengalam, kritik dan saran, kali ini waktunya sesi pendinginan yang diisi dengan memainkan game Quizziz bersama-sama.

Tidak hanya bermain game biasa saja, disini bagi yang dapat memenangkan atau menjadi peringkat teratas dalam Quizziz ini akan mendapatkan hadiah dari HMTS Unsoed. Akibatnya para peserta kembali bersemangat meski sudah melewati bermacam-macam rangkaian sebelumnya.

Untuk sesi terakhir sekaligus penutupan ditutup dengan memberikan kenang-kenangan berupa E-sertifikat secara simbolis kepada ketua HMS-FT UB dari HMTS Unsoed. dan diakhir acara kami melakukan dokumentasi berfoto bersama.

Berikut adalah rangkaian keseruan dari kegiatan HMTS Unsoed yaitu Studi Banding HMTS Unsoed X HMS-FT UB. Semoga setelah dilakukannya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para peserta dalam menjalani kepengurusannya dan menambah relasi dengan teman-teman dari Universitas Brawijaya sehingga tujuan yang diinginkan dalam proker ini pun dapat tercapai. sampai jumpa di kegiatan selanjutnya…