BAKTI SOSIAL (Peduli Sesama)

0

Kepedulian terhadap lingkungan sekitar memang menjadi suatu nilai lebih bagi para pemuda di era sekarang ini. apalagi dengan semakin majunya jaman yang membuat rawan berkurangnya kepedulian generasi muda terhadap lingkungan tempat tinggal atau sekitarnya. Hal tersebut dapat kita cegah dengan lebih membuka mata terhadap hal-hal di sekitar sehingga akan timbul sendiri rasa kepedulian tersebut pada keresahan-keresahan yang terjadi.

Bulan november ini kami dari HMTS Unsoed menggerakan para pengurus serta anggotanya untuk ikut melakukan bakti sosial di desa Jompo sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lilngkunghan sekitar fakultas teknik Unsoed. Kegiatan tersebut terlaksana pada tanggal 6 November 2021. Ketua pelaksana bakti sosial ini pun sebelumnya telah berdiskusi dan mengkoordinasikan tentang jalannya kegiatan dan telah membuka donasi dari sebelum acara ini berlangsung. Dengan begini telah mantap persiapan untuk berlangsungnya acara. 

Pada pagi harinya kami berkumpul pada pukul 7 untuk briefing agar setiap anggota mengerti apa yang harus dilakukan. Kemudian, silanjut dengan berangkat ke lokasi bersama-sama. Setelah sampai di lokasi, kami menemui perwakilan dari pengurus desa dan mengadakan berdoa bersama untuk kelancaran dan keselamatan saat kegiatan berlangsung.

Setelah berdoa bersama kami pun langsung membagi menjadi tiga kelompok yang memiliki pekerjaan berbeda-beda. Kelompok pertama, Membantu warga untuk membangun jembatan bambu. Dimulai dengan menebang bambu dan memotongnya menjadi bagian-bagian kecil. setelah itu mengangkut bambu-bambu tersebut ke lokasi jembatan untuk dipasang bersama-sama. Kelompok pertama ini mungkin bisa dibilang yang pekerjaannya paling berat sehingga lebih memerlukan banyak anggota untuk membantu. Namun, akibat dari kebersamaan jembatan pun jadi juga meskipun diguyur hujan tetapi tidak mengurangi semangat anggota HMTS dan warga. 

DSC_0342

Kelompok kedua, yaitu bekerja untuk membersihkan makam. Di makam, kami membersihkan rumput-rumput liar yang sudah meninggi menutupi makam-makam serta tidak lupa menyapu sampah dedaunan yang berserakan agar bersih kembali.

Sedangkan di kelompok ketiga, kami mengecat gardu dan menghiasnya agar lebih nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat. Dimulai dengan menyapu daerah sekitar gardu lalu dilanjut dengan mengecat dinding secara bersama-sama. Meski memerlukan waktu yang agak lama tetapi pada bagian ini cukup seru ditambah suasana perswahan yang sejuk yang membuat nyaman sehingga tak terasa pekerjaan pun selesai juga.

Puji Syukur segala rangkaian kegiatan bakti sosial telah selesai kami lakukan dengan senang dan selamat. Semoga dengan ada nya kegiatan ini semakin meningkatkan kepedulian kita sebagai generasi muda untuk lebih mengamati lingkungan sekitar dan berinisiatif untuk melakukan pergerakan sosial.

Kami harap apa yang telah kami lakukan dapat memberi manfaat untuk desa Jompo dan dapat memberi pelajaran bagi kami sendiri para anggota HMTS. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan jangan lupa untuk mengikuti bakti sosial di periode berikutnya….