SOFTWARE DALAM JURUSAN TEKNIK SIPIL

0

Sebelum kita mendalami berkuliah di jurusan teknik sipil, tentunya kita harus tau dulu apa saja yang dibutuhkan untuk belajar ketekniksipilan ini. Software merupakan salah satu yang diperlukan dalam belajar di jurusan teknik sipil. Software ini membantu kita khususnya dalam mempelajari perancangan suatu bangunan agar lebih akurat dan tentu saja memudahkan kita. Berikut beberapa software yang akan kita gunakan di jurusan teknik sipil:

AutoCAD

AutoCAD merupakan suatu aplikasi yang dapat memberikan berbagai fitur yang dapat kita gunakan seperti menggambar desain, gabrikasi, dan perancangan-perancangan lainnya yang berhubungan dengan gambar. Selain itu, AutoCAD juga dapat menampilkan bentuk 3D dari permodelan konstruksi bangunan yang telah kita buat serta dapat berintegrasi dengan aplikasi lain seperti SAP2000 dan ETABS.

SAP2000

SAP2000 pada dasar nya merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu menghitung analisis dari suatu struktur bangunan. Dengan segala tools yang di sediakan kita dapat membuat suatu rancangan struktur dan menghitung beban yang terdapat pada rancangan tersebut dengan akurat. Software ini biasa digunakan dalam merancang gedung, bangunan, dan jembatan.

SketchUp

SketchUp adalah aplikasi yang fungsi umumnya untuk menjadikan desain 2D menjadi 3D denngan tools “Pull and Push” sehingga kita hanya tinggal menarik desain tersebut keatas untuk menjadikannya timbul 3D. Aplikasi ini biasa digunakan untuk berbagai proyek serta model 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap.

Revit

Revit adalah software BIM Autodesk yang memiliki seperangkat alat yang kaya akan fitur untuk membantu para insinyur maupun arsitek dalam proses mendesain dengan efisien dalam lingkup Building Information Modeling atau BIM. 

REFERENSI:

https://podomorouniversity.ac.id/aplikasi-teknik-sipil/

https://4winmobile.com/sketchup-pengertian-jenis-fungsi-kelebihan-dan-kekurangannya/

https://mgtuts.com/id/autocad/apa-itu-perangkat-lunak-struktur-revit%3F.html