WEBMINAR KEWIRAUSAHAAN

0

Sebagai mahasiswa kita tidak hanya melulu mempelajari tentang apa yang ada di perkuliahan tetapi juga disambil mempelajari skill-skill lain yang berguna bagi kita ketika sudah lulus nanti. Salah satu skill yang berguna untuk kita pelajari adalah kewirausahaan. Kewirausahaan itu sendiri adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan, kemudian menggabungkan inovasi, kesempatan, dan cara yang lebih baik agar memiliki nilai yang lebih dalam kehidupan. Oleh karena itu, HMTS memiliki sebuah program kerja yang dibentuk oleh divisi kreasi dan usaha yaitu Webminar Kewirausahaan.

Webminar kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu bagi mahasiswa untuk memiliki jiwa wirausaha dan sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan tentang kewirausahaan. Tema yang diangkat dalam Webminar ini adalah “Menciptakan Peluang Usaha di Kalangan Mahasiswa”. Program kerja ini dilaksanakan secara online pada tanggal 4 Juni 2022 yang dikepalai oleh Mba Fatimah. 

Webminar ini diperuntukan untuk umum dan khususnya bagi para mahasiswa. dengan mengundang pembicara yang memiliki pengalaman di bidang berwirausaha yang tentunya keren. Berikut adalah rangkaian acara yang dilaksanakan pada saat itu.

Rangkaian pertama dimulai pagi hari pukul 08.00 dimana para peserta memasuki room gmeet yang telah dibagikan oleh para pengurus HMTS Unsoed melalui sosial media. Lalu acara pun dibuka oleh moderator sebagai tanda bahwa webminar telah dimulai.

Setelah pembukaan oleh moderator, Ketua HMTS Unsoed yaitu mas Sebastian dan ketua pelaksana Webminar Kewirausahaan yaitu Mba Fatimah dipersilakan untuk memberikan kata-kata sambutannya.

Kemudian memasuki ke dalam acara inti yaitu pemaparan materi yang diisi oleh Mas … dan Mba Anni Khamidah. yang setelah pemaparan materi diikuti dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.

Pada pemberian materi pertama Mas Puji membawakan tema “Menciptakan Peluang Usaha di Kalangan Mahasiswa”. Mas Puji memberikan pengetahuan mengenai cara atau tips sukses dalam berwirausaha dan menciptakan peluang usaha di kalangan mahasiswa saat ini.

Kemudian, di pemaparan materi kedua Mba Anni Khamidah lebih memfokuskan untuk sharing-sharing terkait usaha yang sedang dirintis oleh Mba Anni Khamidah itu sendiri. Sperti memberikan pengetahuan mengenai usaha yang dirintis mulai dari awal memulai hingga sekarang.

Setelah inti acara, saatnya untuk penyegaran setelah bincang-bincang serius tentang berwirausaha. Sesi selanjutnya itu bermain game kuis seperti tanya jawab, moderator akan memberikan pertanyaan mengenai materi-materi yang disampaikan tadi lalu peserta webminar menjawab pertanyaan tersebut. Bagi yang benar dalam menjawabnya akan mendapatkan hadiah dari panitia pelaksana yang akan diumumkan setelah kuis.

Setelah semua rangkaian terlaksana maka kita memasuki akhir acara yaitu penutupan oleh moderator dan dokumentasi bersama sebagai kenang-kenangan. Demikianlah acara Webminar Kewirausahaan dari HMTS Unsoed semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi semua  yang terlibat dalam acara ini, terimakasih…