PELEPASAN WISUDAWAN PERIODE JUNI

0

Momen Kelulusan merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu seluruh mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa teknik sipil Unsoed. Hal tersebut menjadi sebuah hadiah dari perjuangan panjang yang kita para mahasiswa/i telah jalani selama masa perkuliahan. Bukan hanya kita yang merasakan kesenangan tersebut, namun para orang tua, dosen serta teman-teman pun ikut merasa bangga dan senang atas kelulusan seorang mahasiswa.

Tentu momen kelulusan ini harus menjadi berkesan. Maka dari itu, kami HMTS Unsoed mengadakan sebuah kegiatan arak-arakan sebagai perayaan atas keberhasilan kakak-kakak tingkat kami yang berhasil menempuh kelulusan yang diberi nama Pelepasan Wisuda. Program kerja ini tercipta dari Divisi Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi yang bertujuan sebagai kaderisasi ke arah atas.

Pelepasan Wisuda kali ini di kepalai oleh Mas Adrian. Dengan memberikan sebuah gebrakan baru yaitu mengadakan acara ini secara offline, dimana sudah dua tahun kebelakang acara pelepasan wisudawan ini diadakan secara online. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa acara ini dapat terlaksana pada tanggal 15 Juni 2022. 

Meskipun acara ini diadakan ditengah-tengah UAS namun tidak mengendurkan semangat para pengurusdan anggota HMTS untuk melaksanakan pelepasan wisuda yang bertmepat di kampus pusat Universitas Jenderal Soedirman. 

Sebelum kegiatan arak-arakan ini berlangsung HMTS Unsoed mengadakan terlebih dahulu pembekalan wisudawan. Pembekalan wisudawan dan wisudawati Teknik Sipil Unsoed baru diadakan pertama kali pada periode 145 bulan Juni kemarin. Pembekalan dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Pembicara pembekalan wisudawan merupakan alumni dari teknik sipil unsoed yang sudah lulus dan bekerja terlebih dahulu sehingga dapat memberikan saran, pengalaman, dan gambaran akan dunia kerja kepada para wisudawan dan wisudawati.


Rangkaian Pelaksanaan

Pada pagi hari pukul 06.30 angkatan 2020 telah berkumpul di Redjo mart tempat yang sudah direncanakn menjadi titik kumpul. lalu beramai ramai menuju Purwokerto untuk mempersiapkan segala perlengkapan dan menandai tempat untuk jurusan Teknik Sipil di gedung Graha Unsoed. Perjalanan menggunakan motor dan mobil beriringan agar tidak ada anggota yang tertinggal.

Setelah di lokasi kami membagi tugas, ada yang berjaga di tempat yang sudah ditandai dan ada yang mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang diperlukan untuk acara inti nanti seperti, spnduk, bendera, toa, drum, dan atribut lainnya. Setlah dirasa semua sudah siap maka angkatan 2020 kembali ke kampus FT untuk melaksanakan UAS.

DIsaat angkatan 2020 melaksanakan UAS, tugas selanjutnya pun diberikan kepada angkatan 2021 untuk berangkat menuju Gedung Rektorat untuk menyambut para Wisudawan yang telah selesai melakukan penobatan di Gedung Graha. Kami memberikan slayer kelulusan kepada setiap wisudawan dan wisudawati sebagai bentuk apresiasi dan ucapan selamat atas kelulusan mereka.

Kemudian, acara berlanjut ke Lapangan, disana kami bernyanyi-nyanyi dan bersorak gembira bersama jurusan-jurusan lain di Fakultas Teknik yang juga mengadakan kegiatan pelepasan wisudawan ini. Momen ini lah yang dinanti-nantikan dan yang pastinya akan berkesan bagi kami anggota HMTS dan khusunya bagi para wisudawan.

Selepas dari itu, kami beramai-ramai menuju ke area parkir di sebelah timur untuk mengadakan upacara pelepasan wisudawan dan wisudawati dari anggota biasamenjadi anggota alumni. Upacara dipimpin oleh staff pengurus HMTS Unsoed dan diikuti oleh seluruh anggota HMTS yang hadir pada saat itu. Rangkaian dari upacara berjalan dengan teratur dan hikmat.

Selepas upacara kegiatan pun ditutup dengan berfoto bersama. Para peserta yang hadir pun dipersilahkan untuk meninggalkan lokasi. Cukup sekian pelaksanaan pelepasan wisudawan periode Juni ini semoga dapat menjadi kesan yang baik bagi para wisudawan dan dapat menjadi motivasi bagi kita para mahasiswa untuk menyusul kelulusan mereka. Terimakasih…