PELEPASAN WISUDAWAN SEPTEMBER

0

Momen Kelulusan merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu seluruh mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa teknik sipil Unsoed. Hal tersebut menjadi sebuah hadiah dari perjuangan panjang yang kita para mahasiswa/i telah jalani selama masa perkuliahan. Bukan hanya kita yang merasakan kesenangan tersebut, namun para orang tua, dosen serta teman-teman pun ikut merasa bangga dan senang atas kelulusan seorang mahasiswa.

Tentu momen kelulusan ini harus menjadi berkesan. Maka dari itu, kami HMTS Unsoed mengadakan sebuah kegiatan arak-arakan sebagai perayaan atas keberhasilan kakak-kakak tingkat kami yang berhasil menempuh kelulusan yang diberi nama Pelepasan Wisuda. Program kerja ini tercipta dari Divisi Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi yang bertujuan sebagai kaderisasi ke arah atas.

Pelepasan Wisuda kali ini di kepalai oleh Mas Adrian. Pelepasan di bulan September ini juga sama seperti periode sebelumnta yaitu diadakan secara offline. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa acara ini dapat terlaksana pada tanggal 13 September 2022.

Sebelum kegiatan arak-arakan ini berlangsung HMTS Unsoed mengadakan terlebih dahulu pembekalan wisudawan. Pembekalan wisudawan dan wisudawati Teknik Sipil Unsoed baru diadakan pertama kali pada periode 146 bulan September kemarin. Pembekalan dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Pembicara pembekalan wisudawan merupakan alumni dari teknik sipil unsoed yang sudah lulus dan bekerja terlebih dahulu sehingga dapat memberikan saran, pengalaman, dan gambaran akan dunia kerja kepada para wisudawan dan wisudawati.

Sebelum hari-H pelepasan wisuda seperti biasa dilakukan acara Sarasehan pada tanggal 9 September 2022. Kali ini Sarasehan dinarasumberi oleh Mas Sandi dari angkatan 2018. Sarasehan ini dapat dihadiri oleh seluruh mahasiswa teknik sipil Unsoed.

Rangkaian Pelaksanaan


Pada pukul 08.30 kami berkumpul di Masjid teknik untuk briefing tentang penyambutan wisudawan sekaligus berangkat menuju Graha Unsoed bersama-sama. Tidak lupa sevelum itu kami mempersiapkan alat-alat yang diperlukan dalam penyambutan wisudawan nanti seperti Toa, Bendera, dan Drum. Setelah itu, kami berangkat bersama sama mengendarai motor.

Sesampainya di lokasi yaitu samping gedung Graha Unsoed, kami bersama mahasiswa teknik dari ke 5 jurusan mempersiapkan untuk menyanyikan chant teknik yang akan dinyanyikan bersama-sama nantinya. Setelah persiapan dirasa sudah matang dan terkonsep, saat yang dinantikan pun tiba. Wisudawan berbaris keluar gedung menuju para mahasiswa Teknik Unsoed yang sedang bernyanyi Chant sambutan wisudawan. 

Tidak hanya bernyanyi bersama mahasiswa se-fakultas Teknik, kami juga menyanyikan chant khusus untuk wisudawan jurusan teknik sipil yang telah menjadi anggota alumni HMTS. Nyanyian chant tersebut semata-mata bentuk rasa bahagia atas keberhasilan wisudawan yang telah mencapai kelulusan mereka. Sekaligus menjadi kenang-kenangan bagi para wisudawan sehingga moment wisuda ini menjadi sangat berkesan nantinya.

Selepas dari itu, kami beramai-ramai menuju ke area parkir di sebelah timur untuk mengadakan upacara pelepasan wisudawan dan wisudawati dari anggota biasamenjadi anggota alumni. Upacara dipimpin oleh staff pengurus HMTS Unsoed dan diikuti oleh seluruh anggota HMTS yang hadir pada saat itu. Rangkaian dari upacara berjalan dengan teratur dan hikmat.

Selepas upacara kegiatan pun ditutup dengan berfoto bersama. Para peserta yang hadir pun dipersilahkan untuk meninggalkan lokasi. Cukup sekian pelaksanaan pelepasan wisudawan periode Juni ini semoga dapat menjadi kesan yang baik bagi para wisudawan dan dapat menjadi motivasi bagi kita para mahasiswa untuk menyusul kelulusan mereka. Terimakasih…