BAKTI SOSIAL

Bakti sosial merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat khususnya masyarakat di sekitar kampus.  Tidak hanya itu, melalui bakti sosial ini mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman sosial berharga serta dapat melatih kemampuan untuk beradaptasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu HMTS Unsoed merasa hal tersebut penting untuk direalisasikan melalui program kerja bakti sosial. 

Pada tahun ini, kegiatan bakti sosial "Sipil Mengabdi" dari HMTS Unsoed telah dilaksanakan di bidang kesehatan pada tanggal 16 September 2023 yang berlokasi di Desa Karangtengah, Purbalingga. Kegiatan ini dilakukan dengan Pemberian Makanan Tambah (PMT) sebanyak 190 buah untuk pencegahan stunting pada balita yang dibagikan kepada 5 posyandu di desa tersebut.

Kegiatan dimulai dengan senam balita dengan memberikan gerakan pada balita oleh pengurus sambil diiringi lagu selama 10 menit untuk memeriahkan suasana. Setelah itu dilanjutkan dengan pendampingan posyandu oleh ibu kader yang dibantu oleh para pengurus berupa pendaftaran dan pemberian nomor antri, penimbangan berat badan dan pengukuran, proses pencatatan, pemberian makanan tambah, serta pelayanan oleh ibu Bidan.

Satu persatu balita telah dilayani hingga nomor terakhir maka berakhir pula kegiatan tersebut. Setelah itu masuk ke sesi makan siang bersama ibu kader dan para pengurus untuk mengisi perut sambil berbincang-bincang. Saat sudah selesai, sesi dokumentasi dilaksanakan sebagai penutup acara tersebut. Terima kasih yang sebesar-besarnya dari ketua pelaksana ucapkan untuk berbagai pihak yang telah membantu terutama pengurus, karena bantuan dari mereka acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.