MENGENAL AUTOCAD

0

Sebelum adanya teknologi yang canggih seperti komputer, untuk membuat gambar kerja para drafter, arsitek atau engineer harus menggunakan meja gambar, pensil dengan berbagai ketebalan, rapido dan kertas gambar. Tentu saja cara ini selain membutuhkan banyak waktu juga memiliki tingkat kesalahan yang besar. Hal ini pastinya mempengaruhi efisiensi dan efektifitas dalam bekerja, juga mempengaruhi biaya yang ditanggung oleh perusahaan cukup besar.

Seperti yang kita pelajari di saat perkuliahan ada banyak software yang menemani kita dalam merancang model bangunan sampai menghitung struktural pada bangunan. Salah satu nya adalah Autocad yang digunakan dalam perencanaan gambar bangunan yang tentunya sudah tidak asing bagi kita Civillian.

Autocad adalah suatu software yang digunakan untuk mendesain suatu gambar dalam tampilan 2 dimensi bahkan juga dapat dalam 3 dimensi. Software ini digunakam oleh para professional dalam membuat suatu model yang terperinci. Salah satu kelebihan Autocad adalah dapat digunalan untuk menggambar sebuah objek dalam waktu singkat dan juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

CAD dalam AutoCAD adalah singkatan dari computer-aided design. Tool ini diciptakan oleh perusahaan Autodesk di tahun 1982. Autocad saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine. AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

Untuk mempelajari Autocad sendiri pun cukup mudah, Pengguna bisa memilih menggunakan fitur toolbar atau menggunakan shortkey dengan mengetik huruf atau simbol keyboard agar mengaktifkan fungsi di Autocad. Autocad dapat membantu dalam pembuatan desain gambar kerja yang terdiri dari denah bangunan, tampak sisi, potongan, bangunan 3 dimensi, interior dan landscape bangunan. Autocad dapat membantu pembuatan gambar kerja 2D dan 3D dengan tools yang disediakan oleh Autocad. Tentunya ini membuat pembacaan gambar kerja menjadi lebih realistik dan dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna dan pembaca gambar kerja.

Autocad menjadi salah satu software  yang sangat dibutuhkan di industri teknik apapun. Mereka yang membutuhkan perencanaan, perancangan, modifikasi dan maintenance tentunya membutuhkan perhitungan matang berdasarkan hitungan dan ukuran yang dituangkan dalam bentuk gambar menggunakan software Autocad untuk memudahkan segala urusan mereka.