MACAM MACAM TIKUNGAN GEOMETRI JALAN

Perencanaan geometrik jalan merupakan bagian dari perencanaan jalan yang dititik beratkan pada alinyemen  horizontal dan alinyemen vertikal sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yang memberi raasa nyaman pada lalu lintas. Hal ini juga dipengaruhi oleh penentuan ukuran bagianbagian yang didasarkan pada keseimbangan gaya yang bekerja pada kendaraan yang melintasi tikungan.

Beberapa bentuk tikungan yang digunakan dalam perencanaan jalan yaitu bentuk lingkaran penuh (full circle), Lengkung Spiral ( spiral-spiral), dan Spiral lingkaran spiral ( Spiral-circle-spiral )

1. Full Circle (FC) adalah jenis tikungan yang hanya terdiri dari bagian suatu lingkaran saja, tikungan ini merupakan tikungan berbentuk busur lingkaran secara penuh. Tikungan FC hanya digunakan untuk jari-jari tikungan yang besar agar tidak terjadi patahan. Karena dengan jari-jari yang kecil maka diperlukan superelevasi yang besar.

2. Spiral-Circle-Spiral (SCS) merupakan tikungan yang digunakan pada saat tikungan peralihan, lengkung Spiral-Circle-Spiral adalah tikungan yang terdiri atas 1 lengkung Circle dan 2 lengkung Spiral. Lengkung ini disisipkan di antar bagian lurus jalan dan bagian lengkung jalan serta berfungsi untuk mengantisipasi perubahan alinyemen jalan dari bentuk lurus sampai bagian lengkung jalan berjari-jari tetap, lengkung pada tikungan ini merupakan jenis lengkung yang mempunyai jari-jari serta sudut tangen (∆) sedang, perubahan dari Tangen ke lengkung Spiral dihubungkan oleh lengkung peralihan (Ls)

3. Spiral-Spiral (SS) adalah tikungan yang terdiri atas dua lengkung spiral, jenis lengkung pada tikungan Spiral-Spiral mempunyai sudut tangen (∆) yang sangat besar. Pada lengkung ini tidak dijumpai adanya busur lingkaran sehingga titik SC berhimpit dengan titik CS.